Menggunakan Warna Monokromatik

Oleh: Pupung Budi Purnama
May 7, 2004

Diantara penggunaan komposisi warna, penggunaan warna monokromatik dirasakan lebih “Aman” karena dapat terhindar dari kesalahan pemilihan warna dan mempermudah dalam pemilihan komposisi warna pada layout sebuah halaman Web. Monokromatik ini adalah salah satu metode dari “color harmony” atau “color matching” yang sering dipergunakan untuk memilih warna. Apakah itu warna Monokromatik?

Warna monokromatik adalah warna yang diperoleh dari hasil gradasi dari warna yang kita pilih terhadap warna gelap dan terang dari warna tersebut.

Untuk menemukan warna monokromatik dari gelap dan terang dapat Anda lakukan dengan mengubah kecerahan (brightness) dari warna pokok yang Anda pilih. Atau dapat pula diperoleh bila Anda menggunaan Photoshop yaitu melalui Color Picker. Sebagai contoh, bila Anda memilih warna dengan kode #CC3366, maka klik ganda pada kotak warna foreground. Maka Color Picker akan muncul, disini Anda dapat melihat warna gelap dan terang dari warna tersebut.

Dengan penggunaan warna monokromatik pada sebuah desain akan membuat tampilan terkesan rapi dan elegan. Pergunakan warna-warna yang kontras antara teks dan warna latar.

Disamping sisi positif, penggunaan warna monokromatik dapat mengakibatkan situs Anda terkesan hampa dan monoton, untuk menanggulangi hal ini, pergunakan grafis, objek, atau warna lain yang dapat membangkitkan “kelesuan” akibat menggunakan warna monokromatik agar tampilan secara keseluruhan lebih “eye-catching”.

Pergunakan layout yang kaku dan rapi untuk untuk mendukung kesan elegan yang ingin disampaikan melalui warna ini. Ok, semoga bermanfaat. (Pupung Budi Purnama)

Tentang Penulis

Pupung Budi Purnama - Bukan pakar atau ahli, hanya seorang freelance web designer, tinggal di Bandung, Jawa Barat. Bergelut di dunia web sejak 1999, pernah bekerja di beberapa perusahaan IT sebagai desainer. Sehari-hari, ia menjalankan sebuah perusahaan web development dari kamarnya.

Category: Warna | RSS 2.0 | Give a Comment | trackback

No Comments

Leave a Reply