Menentukan Warna dari Logo

Oleh: Pupung Budi Purnama
May 28, 2004

Mendapat proyek dari sebuah perusahaan atau organisasi yang memiliki logo? Memang kelihatannya susah-susah gampang, tapi ternyata logo dapat mengubah tampilan sebuah situs, walaupun kita sudah mendesain halaman Web dengan baik, bila logo tidak matching tampilan keseluruhan akan tampak kurang nyaman dilihat.

Faktor pertama yang paling terlihat adalah warna. Bila warna situs tidak matching dengan tampilan logo, maka keduanya seperti “terpisah” dan tidak saling mendukung.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan warna pokok yaitu warna yang mayoritas dipergunakan dalam situs. Warna ini yang akan Anda pergunakan sebagai background, header, atau bagian lain yang memiliki porsi terbesar. Perhatikan contoh pengambilan warna dari sebuah logo dibawah:

Saya menentukan warna-warna yang dimodifikasi dari logo awal, pada warna mayoritas saya menggunakan warna hijau tua (#002639) sebagai warna primer yang akan dipergunakan untuk header. Kemudian warna sekunder merupakan warna netral abu-abu muda (#efefef) dan warna lain dari variasi gradasi hitam-putih. Kemudian warna kuning (#F4B16D) dan warna lain saya pergunakan untk bagian / porsi lain yang lebih kecil, seperti tombol, form, dll.

Dua contoh diatas, warna yang diambil dapat mewakili tema dari masing-masing tampilan situs. Pada contoh atas (logo tut-wuri handayani) warna-nya memiliki kesan formil, untuk menggambarkan institusi di balik logo tersebut. Pada contoh JPAC, warnanya memiliki kesan enerjik dan muda. karena situs tersebut memang ditujukan untuk usia antara 20 – 30 tahun atau para fresh graduate yang memiliki semangat dan jiwa muda.

Memilih warna memang susah-susah gampang, tapi dengan seringnya Anda mengolah dan memadukan warna, akan makin melatih sense anda dalam memilih warna yang tepat. (Pupung Budi Purnama)

Tentang Penulis

Pupung Budi Purnama - Bukan pakar atau ahli, hanya seorang freelance web designer, tinggal di Bandung, Jawa Barat. Bergelut di dunia web sejak 1999, pernah bekerja di beberapa perusahaan IT sebagai desainer. Sehari-hari, ia menjalankan sebuah perusahaan web development dari kamarnya.

Category: Warna | RSS 2.0 | Give a Comment | trackback

2 Comments

Leave a Reply