more

Antara Resolusi Gambar dan Monitor

Oleh: Pupung Budi Purnama
April 21, 2004

Dalam sebuah gambar digital (grafis), pixel biasa dikaitkan dengan resolusi dikenal dengan istilah resolution dependent, resolusi pada gambar ditentukan berdasarkan jumlah pixel yang menyusun gambar itu per satuan ukur. Kita mengenal satuan dpi (dot per inch) atau ppi (pixel per inch) yang merupakan satuan resolusi dari sebuah gambar digital.

Pada monitor, sebuah monitor hanya mampu menampilkan gambar pada resolusi tertentu, ukuran standar gambar yang ditampilkan dalam layar monitor umumnya adalah 72 ppi. Jadi, dalam panjang 1 inchi, terdapat 72 pixel yang menyusun gambar.

Memperbesar resolusi gambar, otomatis akan memperbesar ukuran dan besar file gambar, namun tidak ada perbedaan pada layar monitor karena keterbatasan monitor itu sendiri, yaitu hanya mendukung resolusi 72 ppi . Itulah sebabnya bila Anda melakukan pemindaian gambar (Scanning) hasil yang diperoleh bila menggunakan opsi 300 dpi atau lebih pada scaner, hasil scanning akan terlihat lebih besar di layar monitor, karena monitor hanya dapat membaca 72 ppi, hingga resolusi 300 ppi akan dikonversi menjadi 72 ppi. Maka perbesaran yang diperoleh sebuah gambar 300 dpi pada layar monitor 72 ppi sekitar 4 kali lipat, atau perbandingan resolusi komputer dan gambar sekitar 1:4.

Secara implisit, selain perubahan ukuran pada layar monitor, perbedaan kualitas gambar pada layar karena perubahan resolusi gambar tidak akan terlihat karena keterbatasan layar monitor itu sendiri. Perbedaan pada resolusi gambar ini terlihat ketika anda mencetak gambar tersebut kedalam kertas, hasil cetak akan lebih halus dan jernih. Pada mesin cetak, proses pencetakan membutuhkan data gambar yang lebih banyak dari pada menampilkan gambar pada layar monitor, hal ini bertujuan untuk menghasilkan gambar hasil cetak yang lebih akurat. Pada printer, biasanya menggunakan 300-600 dpi atau lebih untuk mencetak gambar Bitmap dengan hasil yang bagus.

Dalam dunia Web, ukuran 72 ppi dianggap resolusi standar untuk menampilkan gambar. Menggunakan resolusi diatas 72 ppi untuk sebuah gambar hanya akan meningkatkan besar dan ukuran file, tanpa ada perubahan dalam kualitas tampilan. Pertimbangan lainnya bila Anda menggunakan resolusi gambar 72 ppi adalah kesamaan ukuran gambar yang Anda buat dengan tampilan resolusi grafis pada umumnya, bila gambar yang Anda buat menggunakan resolusi 72 ppi, maka pada monitor lainnya gambar Anda akan memiliki ukuran yang sama 1:1. (Pupung Budi Purnama)

Tentang Penulis

Pupung Budi Purnama - Bukan pakar atau ahli, hanya seorang freelance web designer, tinggal di Bandung, Jawa Barat. Bergelut di dunia web sejak 1999, pernah bekerja di beberapa perusahaan IT sebagai desainer. Sehari-hari, ia menjalankan sebuah perusahaan web development dari kamarnya.

Category: Teori | RSS 2.0 | Give a Comment | trackback

No Comments

  • artikel yang menarik untuk dibaca…..

  • saya baru beli lcd monitor lg flatron w1642s, layar lebar 15 inchi, tapi sayangnya resolusi layar tidak bisa maksimal ke angka yang dianjurkan, yakni ke 1360 x 768, mentok di 1280 x 768, bagaimana cara melewati batas tersebut. oh iya kadang2 ketika restart resolusi layar saya otomatis ke angka 1360 x 768, tapi setelah restart lagi ternyata kembali ke smula 1024 x 768, bagaiaman cara agara resolusinya tetap dan tidak berubah2? tkb

  • anindita wicaksono

    kerennn,,
    :)
    mkasih atas infonya..
    :D

  • yudhistira

    bos maaf sy mau tanya kalau di display ada tulisan 640×480 dots itu sama ngga dengan display 320×240 pixel.
    yang mau sy tanya hub satuan dots ke pixels itu bagaimana ?

    thanks, ASAP

Leave a Reply