Standar Gaji Pekerja Web Indonesia

Oleh: Pupung Budi Purnama
November 10, 2007

Berkecimpung di dunia Web sejak tahun 1999 membuat saya mengetahui banyak hal mengenai Dunia ini, mulai dari urusan klien, deadline,teknologi, sampai dengan urusan gaji. Kali ini saya akan menggaris bawahi mengenai “Urusan gaji”. Bagi kalangan awam (non-Web / IT) berpendapat bekerja di dunia IT merupakan sebuah pekerjaan yang “basah”, pekerjanya dibayar mahal, jam kerja tidak ketat alias lebih santai, hingga fasilitas yang diberikan perusahaan yang mempermudah kinerja. Tidak ada salahnya mereka berpendapat demikian, mungkin dibenak mereka, semua pekerja IT itu sama bila dibandingkan dengan yang bekerja di perusahaan besar.

Apa yang mereka ketahui tidak sepenuhnya benar, namun sebenarnya hanya sebagian kecil saja kuli IT di Indonesia yang memiliki fasilitas kerja seperti yang disebutkan diatas. Banyak diantara pekerja IT bahkan menerima gaji UMR atau bahkan dibawah itu, sungguh menyedihkan. Belum lagi pekerjaan-pekerjaan yang dibebankan seringkali melebihi kapasitas seharusnya.

Membicarakan gaji standar di Indonesia memang akan menjadi dilema tersendiri, ditengah ketatnya persaingan dan banyaknya resource baru yang menjadi saingan kita, mau tidak mau kita banting harga guna mendapatkan pekerjaan. Oh… Nasib.

Ada satu bacaan menarik yang patut Anda simak mengenai standard gaji pekerja IT di Indonesia. Sebuah survey yang dilakukan oleh Kelly Services Indonesia yang melakukan survey pekerja di berbagai bidang di Indonesia, termasuk Teknologi Informasi.

Cukup menarik menilik nilai yang terdapat pada hasil survey tersebut. Karena nilai minimun standard gaji jauh diatas gaji sebenarnya yang sering diterima oleh desainer Web pada umumnya di beberapa kota selain jakarta. Pada survey tersebut mencantumkan gaji Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000, angka yang diatas rata-rata menurut saya untuk seorang desainer Web yang ada di Indonesia.

Survey Sallary for IT

Banyak hal yang perlu dipertanyakan pada hasil survey ini, seperti lama bekerja, jabatan (senior designer atau junior designer), apakah sudah termasuk tunjangan (fasilitas) atau belum.

Saya pribadi sering kali bertanya kepada teman-teman yang yang bekerja diberbagai perusahaan, yang rata-rata mereka mendapatkan gaji pada kisaran 3 juta rupiah tiap bulannya untuk kota Jakarta. Lain halnya dengan di kota lain, di Bandung, rata-rata desainer dibayar dengan gaji 1-2 juta rupiah tiap bulannya. Tentu saja pendapat saya ini bukan sebagai referensi resmi, hanya sebagai gambaran kasar saja mengenai gaji seorang desainer web di Indonesia bila mengacu kepada hasil survey Kelly Services Indonesia.

Mengapa Gaji Rendah

Tentu saja hasil survey Kelly Services Indonesia, adalah impian kita semua. Namun, banyak hal yang sangat berpengaruh terhadap nilai gaji yang kita peroleh. Yang paling dirasakan ketika kita melamar sebuah pekerjaan kepada perusahaan adalah faktor “peluang”, semakin besar peluang, maka semakin besar pula kesempatan kita memperoleh gaji yang tinggi. Saingan yang semakin banyak tiap tahunnya akan memperkecil peluang kita dan tentu saja bisa menurunkan gaji standard rata-rata yang diperoleh.

Pihak perusahaan pun mengetahui tentang hal ini, hingga mereka dengan semena-mena menolak gaji yang anda usulkan “Hah !! Mahal Amat!!”, “Maaf, budget kami terbatas”, atau “Kami hanya mencari desainer yang bisa digaji 1 juta sebulan” atau pernyataan-pernyataan lain yang bisa membuat anda putus asa, dan bila Anda sangat membutuhkan pekerjaan tersebut, akhirnya menyerah dan menerima. Sungguh menyedihkan….

Tips Mendapat Gaji yang Lebih Tinggi

Saya memiliki beberapa poin yang bisa Anda perhatikan untuk bisa menaikan gaji Anda ketika melamar pada sebuah perusahaan:

  1. Portfolio yang meyakinkan
  2. Wawancara yang positif dan meyakinkan
  3. Memiliki kemampuan spesifik
  4. Pengalaman kerja
  5. Latarbelakang Studi (tempat kuliah, program yang diambil)

Bagaimana menurut Anda? Ada yang ingin ditambahkan?

Tags: , , , ,

Tentang Penulis

Pupung Budi Purnama - Bukan pakar atau ahli, hanya seorang freelance web designer, tinggal di Bandung, Jawa Barat. Bergelut di dunia web sejak 1999, pernah bekerja di beberapa perusahaan IT sebagai desainer. Sehari-hari, ia menjalankan sebuah perusahaan web development dari kamarnya.

Category: Karir | RSS 2.0 | Give a Comment | trackback

83 Comments

  • ya kadang2 memang demikian. Harga sebuah program bisa saja jadi seperti kacang goreng karena jutaan informasi yang membludak..

  • abiasya

    Saya setuju dengan penghargaan bagi karya web design. Yang jadi masalah ni…kadang kita terlalu percaya diri dan ada klien belum kerja udah pasang tarif tinggi. padahal hasil kerja taunya ga menarik, sistem kerja amburadul, ga punya rasa seni en ga professional. Mari kita belajar dari diri sendiri,ubah pola kerja, memiliki jiwa seni en professional dulu, baru kita tuntut hak kita. jangan pernah nyalahin orang lain, kepuasan dan visi orang terhadap web kalau dasar ok pasti orang cari….tentu gaji ikut dengan sendirinya. banyak bersyukur en benahi diri terus bro…

  • Wah..meniko artikel josss..tapi kulo dadi panas euy..mboten pernah mikir gaji..blaik 4-5 juta! wah kalo itu saya..bisa hidup ‘tenang’ tuh..sekarang saja dpt 2 juta/bln

    trus harus mengais proyek2 diluar..dikerjakan disela-sela bekerja di kantor (sitttt..jangan bilang2 ya:)

  • gajiku ga gede gede amat….
    makanya mo resign ni :))

  • mas pupung knapa ya, ko perusahaan indonesia kebanyakan mereka menjual nama web design..seperti contoh..mereka memasang iklan untk posisi web designer tetapi requirement/persyaratannya ada beberapa kemampuan di luar web designer speti php,mysql,action script…padahal itu kan tugas seorang web programming..

  • benedicta

    Hai, mau nanya; berapa sih biaya untuk membuat sebuah web ? terus kalau mau cari freelancer yang bisa buat web dimana ya?

    • Adhieto

      klo masalah biaya sih tergantung aja sama kebutuhan, klo mau buat web saya bisa kok buat web, saya juga bisa jadi freelancer…

  • gelap

    yaa pada ngomongin gaji yaa, standar gaji di indonesia ya gitu dech, coba sodara2 membuat suatu usaha yang mempunyai beberapa karyawan, bisa ga sih sodara2 membayar gaji sesuai standart yang sodara harapkan..??? , naaaaa mulai dach puyeng nyari orderan blom lagi pajak resmi/tidak resmi (komisi tanpa nota), asuransi, sewa bangunan DLL dacchhh, awalnya /me juga berkeinginan perusahaan mau bayar gaji pekerjanya sesuai dengan harapan (yaa paling tidak > 1.5jt ), /me keluar dari perusahaan dan mencoba membangun usaha sendiri dan …. apa yang saya harapkan untuk mensejahterakan karyawan sepertinya masiiiihhh jauuuuuhhh, hikmahnya yaaa bersyukurlah dengan rezeki yang kita dapat hari ini, yaaa enjoy…. aja …. :D

  • Saya tambahkan dikit ya. Mulailah membangun USP (Unique Selling Proposition) yang bisa menjadi satu added value yang membedakan dengan yang lain.

  • wijaya budiman

    saya setuju Banget ama teman2 diatas, Gaji di Indo ini emangs egitu atau gimana ya? saya sendiri bekerja apa sebuah SIRKUS, MAAF! maksud saya perusahaan elektronik manufaktur, berkantor pusat di jakarta, sedangkan saya ditempatkan di surabaya. gaji yang saya terima juga 2 juta rupiah, saya belum berkeluarga. saya bukan fresh graduate, saya sudah bekerja sejak 2003. namun karena saya dihitung karyawan baru di Group SIRKUS ini, maka gaji saya hanya dihitung segitu, jam kerja 45 jam seminggu, senin sampai jumat. dari gaji yang saya terima saya tidak minus alias kurang. masih bisa saving 100 s/d 200 ribu perbulan. Living Cost yang tinggi, karena saya anak Kost dan bukan asli dari Surabaya. namun permasalahannya adalah, bagaimana bila dalam setahun hanya mampu save 2.5 juta? LUCU KAN? Job DESC katanya PRofesional, Gaji Penganiayaan.. Kayak IKLAN ROKOK … TANYA KENAPA??? selalu over achive, tapi karena naak baru, ya ngga dapat komisi. ya Nampaknya Surabaya Juga Bukan Kota Karier seperti Jakarta, Dan Lebih Cocok Kalo jualan sendiri alias buka usaha mandiri, walaupun Jual Pecel Lele.

    Salam Sukses untuk rekan2 yang lain.

    Mohon pencerahan..

  • bener tuch..gw setuju ama bro Andrie. Memang harusnya tuch kita dah nggak orientasi bwat kerja ama orang lain. Bikinlah usaha yang bisa menghidupi orang lain. Memang bener pasti berat di awal tapi ya namanya perjuangan pasti gitu…dan ada kenikmatan dala proses itu loch yang harus qt nikmati.

    Btw bagi yang bingung urusan pajak atau butuh konsultan pajak klik aja http://www.pajakonline.com

  • tamuluyun

    Emang benar, keterampilan kurang dihargai di Indonesia ini…orang2 hanya menghitung dari bea produksi….

    Salam untuk smua

  • gua

    Beuh! Makanya gua cabut ke luar negeri sejak hampir 4 tahun yang lalu.
    Ini punya boss yang orang sini asli oneng banget. Bilangnya title senior web developer. Bisanya cuma php, drupal, nyetup apache website, css, sama nge-design image. Pengetahuan javascript: nol besar.

    Cuma dia sudah kerja di sini 11 tahun dan orang asli.

    Dua senior web designer di sini, html saja kagak bisa. Bete gua kalau mereka nyerahin desain yang dikirim screenshoot bukannya html pake css. Kadang icon2 dari mereka, gua mesti potong2 sendiri, padahal itu sama sekali bukan deskripsi kerjaan gua.

    Tapi Alhamdulillah, gua masih bersyukur bisa menghidupi diri sendiri di negara ini. Bersukur, bersyukur…

  • Saya

    Di luar negeri memang ada spesialisasinya..
    Jd web designer hanya sebatas desain web itu sendiri lalu di serahkan ke programmer untuk coding HTMLnya…

  • Ian

    Sorry pendapat lo salah tuhh dan survey lo rada ngaco kali
    gaji gue sekarang 7.500.000,- udah bersih
    lengap dapet macem2 tunjangan juga complate beberapa temen gue juga sama tuh
    Mungkin perlu meningkat kan pengalaman aja kaleee… atau harus lebih meningkatkan kwalitas
    Ingat kualitas ada yang warteg sama mac donal.
    saran gue lo harus punya kekuatan nego.
    kalau bicara di luar sih sama aja. malah dapet bonus pekerjaan yang makin padetttt…

  • Andi

    postingan yang bagus… coba buka link ini juga.

    http://www.macdonaldandcompany.hk

    disini bisa donlot survey gaji pegawai arsitek thn 2008 di Asia Pasifik.
    Tenang aja… di survey ini ga ada data tentang pegawai arsitek di Indonesia.
    MacDonald nya jg ga mau ada data dari Indonesia, khawatir mempermalukan profesi arsitek. :))
    Cuma untuk perbandingan dengan negara lain di regional yang sama saja.

  • kunyuk

    wah kelly service mah berlebihan. temen gw web designer perusahaan di salah satu gedung sudirman cuman 3 juta dengan pengalaman 2 thn. 4-6 juta dari hongkong. setau gw pekerja web design di indo mana ada yg gede? indo mah nggak menghargai design, org taunya template dan web development aja. klo mau gede ya kerjain sendiri langsung client.

  • Wah…ngomong2 soal Gaji. Sy jg lagi cari programmer freelance web design dan php & mysql database.

    Kebetulan sy bergerak di bidang full penjualan via internet marketing. Dan pasarnya sangat besar di dunia internet.

    Dari pengalaman sih, agar bisa meyakinkan kita harus tunjukkin tuh hasil kerjanya langsung dan klo bisa sdh di hosting.

    Semua akan kembali ke kemampuan(skill)nya, klo memang skillnya OK dan bisa memberikan distrubusi kepada perusahaan. Gaji itu akan mengikuti sesuai standard yang kita mau.

    Intinya profesional, skill, integritas dalam bekerja dan niat untuk maju tinggi.

  • Elia

    Tergantung, kalo company-nya bener2 membutuhkan elo sebagai web designer, dapet banyak keuntungan yang nyata dari elo dan mereka melihat skill elo memang “layak” digaji diatas rata-rata, sama sekali ga heran bisa dapet gaji 4-6 jt untuk pengalaman 2 tahun.

    Tapi gue ga yakin gaji web designers bisa go so far kalo kerja terus jadi bawahan orang.

    Enakan jadi freelancers, kalo udah punya network dan merasa ‘jagoan’ :)

  • Elia

    Btw gue sendiri ampir setaon jd web interface designer (ga ngurusin coding), gaji gue 3 jetian lebih dikit, taun ini naiknya cuma dikasih 10%, krn company kena crisis… ya wajar deh :( Masih untung ga didepak.

    Gue bs savings lumayan banyak tiap tahun krn masih tinggal bareng bonyok dan sesekali jd freelancer. Kalo ga ada bonyok ya… susah dah.

    Always be competitive, broaden your knowledge, expand your network and strengthen your creative skills.

  • menurut kalian semua, seorang freelance yang telah lama berkecimpung didalam dunia pemrograman website php, mysql, javascript (jquery, extjs, interface, etc), dan ingin bekerja dengan perusahaan, berapakah standard gaji pertama yang didapat khusus nya wilayah tangerang dan jakarta ??

  • art

    I’m creative director. Worked my ass off from a lowly designer, so i know every little thing about the skills and requirements to make it as a good designer. I’ve worked as a web designer, web developer, digital artist, art director, you name it i’ve done it. And i have a lot of knowledge across different fields, online, print, magazine and advertising. And now i have the task of finding myself a really good designer (and a web designer). And from all of the above experiences, i find it really (i mean really) hard to find really good designers. I have high expectations because i’m capable of doing that myself, but sometimes, you have to be able to delegate some of the responsibilities. And i found myself dissapointed with the quality that they produce, they’re all amateurish at best. So, i’d be more than happy to pay someone a salary of 10 million a month as a web designer if he can produce the kind of output that would justify that much amount of money (i’ve worked in singapore, and the crap that they produce for SGD 2000 a month, lets just say, horrid). Because, first and foremost, a web designer is at the core, a designer. That requires, skill, craft, and this is the stuff that most of them lack, . . . taste!

    Again, since i value design highly, i would rather pay the premium salary if that means a peaceful mind. And like any job in the world, your salary depends a lot in your negotiation skills and your ability to present yourself in the best light (portfolio, professionalism, work ethics, and glowing references).
    I got paid 6 million when i was a web designer. And that was 8 years ago. Without any degree or diploma.

    And oh yeah, the ability to speak english, really makes the difference. Who’d send you to a design conference in NYC if you can’t speak the language.
    So, my 2 cents is, know your strength and weaknesses, develop a good taste and sense of design, keep in touch with the current technology and their implementations, build up portfolio. And if after all that the company still refuse to increase your salary and you feel that you earn peanuts, ditch that no good company and start looking for something better. Or since your portfolio’s good now, go freelance or become a subcontractor for a company abroad, let say singapore since they’re the closest, you could get SGD 500-2000 for each project. Cause if you’re good, they’ll pay. I would.

    • mes2125

      I strongly agree with your opinion sir, I also work as a catalog of engine design at a company located in Surabaya, Indonesia.
      until this moment I am working without a graduate or a diploma, but I can work because the experience I received while working.
      thank you very much for inpirasinya

  • Mengenaskan mang IT itu. Nama juga teknologi, makin lama makin murah dan bnyk pesaing. contoh: Hp, PdA, PHP, jsp, VcD, DVD Video, dll..
    Bagi teman2 IT, ayolah qt upgrade teknologinya. Entah itu ikut perusahaan kek, ato usaha jasa IT sendiri..
    Sya sendiri jg pusing…. tau ah. Semangat!!!!!!!!!!
    Smoga Allah SWT Yang Maha Esa meridho-i kami, orang2 IT

  • anita

    kenalan donk..a…nit jg IT..tp…masih yk yg pengen di sharing..add aku y di ym ato face book..thankz

  • avid

    Wew, memang parah indonesia jaman sekarang saya saja lebih parah, gaji Web Programmer dibawah 1,5 juta. Ok, mungkin saya belum banyak pengalaman. Tapi apa yang saya berikan buat perusahaan adalah yang terbaik, pergi pagi hingga pulang malam. Tapi buat apa, gaji sgitu juga belum termasuk ongkos, makan dan asuransi. Apakah kalian mau hidup begini terus, kemungkinan besar resign nih, mendingan usaha sendiri dirumah, cuma duduk dan keluar sebentar bisa menghasilkan yang lebih baik.

    • avid

      oh iya ditambah lagi, lemburan juga tidak dihitung. apakah bisa begitu ???

  • terima kasih atas infonya, kebetulan aku senang banget sama dunia desain grafis,dan aku sangat ingin tahu berapa sih sebenernya gaji seorang desainer grafis di perusahaan
    ternyata seperti ni !! tapi aku bakalan optimis desain grafis merupakan pekerjaan yang harus di hargai, dan bukan pekerjaan yang bisa di beri gaji hanya dengan standar umr !!!! hidup desain grafis !!!

  • gue juga bingung ..ko web designer di indonesia gaji nya rendah ya .. padahal kanyanya projectnya gede2 .. gue cuma di gaji 2 juta .tapi dah alhamdulilah dech ..soalnya ada lemburan 2 . sama sppd .. tapi sedih juga sich .. gimana lagi, ?? tau ah pusing ..

  • emang prihatin negri ini….,
    gw emang bru terjun d dunia kerja..,
    khususnya web developer…, cman gw skarang dah ngerti dikit” soal duit…, gw kerja lbih dr 8jam / hari.., tp kok gaji gw cman 1 jt aj y??
    tolong masukannya.., kerjaan gw layouting css..,
    taw klo ad yg butuh karyawan dengan gaji lbih dr 1 jt.., kabarin gw y..,

    thank all..,

  • iecha

    iyaa.. bener..
    mereka nga tau betapa susahnya bikin sebuah web tu..
    puyengnya minta ampun..
    tapi nga dihargain.. :P

  • Rivai

    hmmmm… d tempat saya jg sama kya gtu. bhkan job descripsinya melebihi batas. jobdes sya d sni sbagai IT specialist staff, keren namany, ga tauny d suruh2 macem2, bkin company profile sgala, shooting2 dn foto2 perusahaan, bahkan ad kerjaan2 yg sbnernya teramat sangat tidak perlu sya kerjakan.. bnyk karya yg sudah sya berikan d perusahaan, tp perusahaan msh blm mau menghargai pkerjaan saya. gaji sya cma 1,7 jt, bersyukur, tp sya blm pernah dapat gaji penuh. slalu ad potongan krna tidak masuk kerja.hehe.. paling besar cma 1,5 jt. tiap bulan paling sisa 200/300rb aja. hufft…
    tp mang hrus bersyukur sih apa pun yg kta dapat, biar dbuka pintu rezeki ny yg lebih besar.amiin…

Leave a Reply


Looking for a world-class essay writing service from where you can buy an essay from scratch. . essay writers for hire . custom writers . Your educational buy dissertations to get assistance from